Berhiaslah Dengan Adab


Pondok pesantren todungih sudah menapaki usianya yang cukup tua, sesuai dengan catatan yang telah ditulis sendiri oleh pendirinya pesantren ini, berdiri pada tahun 1412 H. 

Terhitung dari tahun berdirinya, usia Pondok Pesantren todungih saat ini adalah 34 tahun, dan sejak milad yang ke 28 hingga saat ini, ponpes todungih selalu menampilkan angka-angka usia tersebut ke dalam logo yang bervariasi.

Dalam perkembangannya setiap logo melambangkan sebuah tema milad yang telah ditetapkan oleh pengurus Ponpes Todungih.

Kemudian diadakanlah sayembara logo milad yang diikuti oleh semua santri ponpes todungih. 

Dalam setiap perhelatannya, sayembara logo selalu mendapatkan lebih dari 300 karya. 

Hasil karya tersebut diseleksi oleh panitia, kemudian ditetapkan oleh pengurus Pondok Pesantren Todungih. 

Berikut ini merupakan tema milad PP Todungih dari tahun ke tahun.

Milad 28 : Menatap Masa Depan

Milad ke 29 : Merajut Ukhuwah, Mempererat silaturrahim

Milad Ke 30 : Mengawal Aqidah Ummat

Milad Ke 31 : Dakwah Berbasis IT

Milad Ke 32 : Menata Sepenuh Hati

Milad Ke 33 : Sabar Itu Energi

Dan milad PPT yang ke 34 Ini mengusung tema, Adab Itu indah

Pada perhelatan Milad ke 34 Kali ini, panitia telah mengadakan sayembara logo, yang diikuti oleh santri, murid, alumni & simpatisan.  

Ada sekitar 94 pengirim dan 254 karya yang terkumpul baik dari santri PPT, murid, Alumni & simpatisan. Dari sekian banyak logo yang masuk, panitia menyeleksi hingga tersisa 3 logo terbaik yang menjadi nominasi. Dan inilah 3 logo terbaik yang terpilih menjadi nominasi sebagai logo milad PPT ke 34 kali ini.



1. Berbentuk Padi,  Karya moh. Royyan. Alamat, Jl. Raya Kebunsaji Brrruk Panaguan Proppo Pamekasan. 

Mendesain logo tersebut, berbentuk padi karena terinspirasi dari Pohon Padi, semakin besar semakin menunduk yang Melambangkan bahwa orang yang beradab semakin banyak ilmu semakin tawadu'.


2. Berbentuk kitab terbuka Karya Faisol Ju'ie. Asal Durubugan Campor Proppo  Pamekasan. 

Kitab merupakan sumber ilmu agama. Adab tidak bisa dipisahkan dari ilmu, sebab walaupun adab itu lebih tinggi dari pada ilmu tapi adab itu butuh pada ilmu, bagaimana bisa beradab kalau tidak tahu ilmunya.

3. Berbentuk Diamond (brilian), oleh Imam Mustaqim Gunung Eleh Sampang. Brilian merupakan perhiasan yang sangat berharga, melambangkan bahwa Adab itu merupakan perhiasan bagi seseorang yang sangat berharga. Selain itu kaum santri dituntut untuk mempunyai gagasan-gagasan yang brilian.

Malam ini kita akan menyaksikan mana di antara 3 logo yang akan terpilih menjadi logo terbaik dan menjadi logo resmi milad pondok pesantren Todungih ke 34 dan haflatul ikhtibar madrasah Jabal fuqoro' ila rahmatillah Ke 45

Dari ketiga nominasi tersebut logo dengan bentuk diamond terpilih sebagai pemenang pertama dan dinobatkan sebagai logo resmi milad PPT Ke 34. Terpilihnya logo yang berbentuk brilian ini karena brilan merupakan perhiasan yg sangat berharga, melambangkan bahwa adab merupakan perhiasan yang begitu berharga bagi seseorang. Maka berhiaslah dengan adab karena ada merupakan perhiasan yang paling indah.